Subscribe Twitter Facebook

Saturday, December 24, 2011

my story in kuta cane

kutacane adalah salah satu kabupaten yg terdapat di Aceh Tenggara. Ini pengalaman pertama saya menjejaki kaki di bumi Nangroe Aceh Darussalam dan ternyata masyarakat di kutacane tidak mau disebut sebagai org aceh dan menyebut diri mereka dengan sebutan orang alas. Dari bahasa yang dipakai memang ga mirip dengan bahasa masyarakat Aceh tp lbh mirip kebahasa masyarakat karo. Duh, klo ngomongin ttg sejarahnya mah aq juga ga tau banyak, jd tkut ntr salah2 menjelaskan.

dari pengalaman saya selama seminggu di kutacane, ada beberapa tradisi dan kebiasaan masyarakat setempat yg menurut saya unik. dari segi bahasa, mereka menggunakan akhiran "kin". Kalo di riau kan ada akhiran "do" dan disini ada tambahan "kin". oke kin? ;-).

hal menarik berikutnya dalah "manten kuda". pernah denger? pasti gak kan?. jd di kuta cane ini calon penganten dan ibu bapak mereka di arak keliling kampung naik kuda. yup, jd serasa penganten kerajaan yak.

Kalo soal makanan, lontong di aceh menggunakan mie besar, jenis mie yg dipake dalam mie aceh. Dan mie balap (mie rebus siram kuah sop utk sebutan di medan) disebut dengan mie bokom. :-).

dihari terakir ku di kutacane saatnya Family Visit! Yey!. :-D.

Udah lama tinggal di sini ternyata adat minangnya masih kental. jd merasa gak di aceh :-D.


Published with Blogger-droid v2.0.1

0 comments:

Post a Comment