Subscribe Twitter Facebook

Friday, August 20, 2010

cara membuat PAPER kuliah

Saya pribadi pernah di marahi sama seorang dosen karena susunan paper saya yang tidak lebih dari sampah. Berbagai kritik yang dilontar oleh dosen tersebut terkait kebebalan saya mengenai bagaimana membuat paper yang benar dan tidak berbelit-belit. Tidak hanya itu, kritik pada susunan, pilihan kata, serta struktur lainnya menjadi makanan wajib tiap masuk mata kuliahnya. Saya cape dan ni dosen juga Capek, akirnya ia menjelaskan bagaimana seharusnya membuat paper.(ingat, anak kuliah harus mencari sendiri ilmu sebelum akirnya diberikan juga oleh dosen, :p).
Kritik pertama yang ia lontarkan mengenai paragraf pembuka. Contohnya saya ambil dari paper dgn nilai (-)yang saya miliki.

BIDANG BIDANG KAJIAN ILMU POLITIK

Ilmu politik merupakan ilmu yang mempelajari suatu segi khusus dari kehidupan masyarakat yang menyangkut soal kekuasaan. Secara umum ilmu politik ialah ilmu yang mengkaji tentang hubungan kekuasaan, baik sesama warga Negara, antar warga Negara dan Negara, maupun hubungan sesama Negara. Yang menjadi pusat kajiannya adalah upaya untuk memperoleh kekuasaan,usaha mempertahankan kekuasaan, pengunaan kekuasaan tersebut dan juga bagaiman menghambat pengunan kekuasaan.
Politik sebagai sebuah disiplin ilmu yang berdiri sendiri memiliki kajian yang terdiri dari :
1. lembaga-lembaga politik
2. Perilaku politik
3. Perbandingn politik
4. Hubungan internasional yang meliputi politik internasional, organisasi-organisasi dan administrasi internasional dan hukum internasional,dan
5. Teori-teori ilmu politik yang meliputi teori politik dan sejarah perkembangan ide-ide politik

Jelas tidak ada kalimat pembukaan yang mengantarkan pembaca tentang gambaran isi yang akan uraikan. Alih-alih ingin terlihat seperti buku, ternyata malah membuat pembaca tidak menangkap ide pokok paper kita. Mengenai kritikan paper ini, berikutnya adalah contoh paper dengan pendahuluan yang lebih baik :p.


BIDANG-BIDANG KAJIAN ILMU POLITIK

Paper ini menjelaskan mengenai apa-apa saja yang termasuk kedalam bidang-bidang kajian ilmu politik. Bidang-bidang kajian ilmu politik yang akan dibahas dan dijelaskan dalam paper kali ini adalah kebijakan publik dan administrasi, ekonomi politik dan metodologi ilmu politik.Berikut penjelasan dari masing-masing kajiannya.

Jadi, paragrap pertama didalam paper adalah aklimat pembukaan dan gambaran mengenai isi keseluruhan. Dan ingat “ pembukaan tidak perlu terlalu panjang dan jangan pula terlalu singkat.
Kritikan kedua yang sering terlontar adalah mengenai tebal paper. Memaang kriteria paper berbeda untuk masing-masing dosen. Tapi, kebanyakan dosen saya membatasan jumlah halaman untuk paper adalah minimal 5 lembar dan maksimal 15 lembar. Jika Lebih dari 15 lembar, ada baiknya kita sebut sebgai makalah. Atau ada juga dosen yang membatsi berdasarkan jumlah kata.
Kritikan berikutnya adalah mengenai penulisan. Sering terdapat goresan tinta(koreksi) didalam paper saya yang dikembalikan. Kebanyakan mempermasalahkan penulisan didalam paper. Yang harus diingat adalah bagaimana memperlakukan tanda titik(.), koma(,), huruf cetak miring(itlic), cetak tebal(bold), dan Kutipan.

TITIK(.) dan koma(,)

Setiap kalimat yang diakiri oleh tanda titik dimulai dengan huruf besar dan sebelumnya diberikan spasi. ContoH:
Perlakuan titik dan koma yang buruk: “Kebijakan publik adalah keputusan-keputusan yang mengikat bagi orang banyak pada tataran strategis atau bersifat garis besar yang dibuat oleh pemegang otoritas publik.Sebagai keputusan yang mengikat publik maka kebijakan publik haruslah dibuat oleh otoritas politik,yakni mereka yang menerima mandat dari publik atau orang banyak,umumnya melalui suatu proses pemilihan untuk bertindak atas nama rakyat banyak.”
Seharusnya: ” Kebijakan publik adalah keputusan-keputusan yang mengikat bagi orang banyak pada tataran strategis atau bersifat garis besar yang dibuat oleh pemegang otoritas publik. Sebagai keputusan yang mengikat publik maka kebijakan publik haruslah dibuat oleh otoritas politik, yakni mereka yang menerima mandat dari publik atau orang banyak, umumnya melalui suatu proses pemilihan untuk bertindak atas nama rakyat banyak.”(setelah titik dan koma harus ada spasi kekalimat berikutnya).

Huruf cetak miring (italic), cetak tebal dan kutipan.
Dalam paper biasanya huruf cetak miring digunakan untuk menandakan kalimat yang diunggah dari bahasa asing. Cetak tebal menandakan nama tokoh atau hal-hal penting lainnya. Contoh:
Lawrence Mead mengambil sebuah kesimpulan tentang ruang lingkup dan pengertian menyangkup bidang yang dikaji dalam kebijakan publik adalah ”Sebuah pendekatan kearah studi politik yang meneliti pemerintah yang dipandang dari sudut utama publik.”1
Dari contoh paragrap diatas, terdapat angka 1 setelah tanda . dan kutip diakir kalimat. Tanda kutip menandakan kalimat yang dikutip dan angka 1 menandakan kutipan ke-1. Dalam Mc. Word dapat di program melalui references-footnote(otomatis akan membawa ke menu footnote).

Dalam menulis footnote, strukturnya adalah sebagai berikut:

1Nama Pengarang tanpa dibalik, Judul Buku/artikel(Kota terbitan buku/artikel : Perusahaan pencetak, tahun buku), halaman buku.

Tetapi bagaimana untuk mengutip dari web?.. untuk mengutip web, kita kopi paste aja link webnya, lalu jangan lupa sertakan waktu akses seperti tanggal, bulan, tahun, dan jam.
2www.answers.com/topic/quota-sampling
Akses pada 13-01-2010 Pukul 10:00 WIB

Paper juga haru memiliki pendahuluan, isi dan penutup. Penutup paper digolongkan pada kesimpulan dan daftar pustaka. Dalam menulis kesimpulan, kita harus mengutip/menuliskan kembali apa yang kita jelaskan diisi dengan bahasa yang lebih sederhana dan lebih singkat(ya mudahnya, kesimpulan itu adalah...Ya Kesimpulan :p).. untuk daftar pustaka, penulisannya saya contohkan sebagai berikut:

1. Budiarjo, Prof Miriam, Dasar-Dasar Ilmu Politik: PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2008.

Demikianlah bagaimana menulis paper yang saya pelajari. Semoga bermanfaat :D..

14 comments:

adiekeputran said...

makasih banyak..aku baru dpt tugas paper ekonomi,,bingung mw ngebuatnya...thx atas bantuannya..

Anonymous said...

makasiiii banget !

Naima said...

IYA,saya juga pernah dimarahi,mksih ya atas infonya,saya juga mau tanya bagaimana cover papernya?kemudian apakah memakai pendahuluan tlong jelaskan,mksih

Anonymous said...

thanks bgt sangat membantu, semangat terus tuk bagi2 ilmu.

Anonymous said...

Sangat membantu sekali

shasha said...

wah terima kasih :D

livia kristianti said...

terimakasih sangat membantu :)

Restu Surya said...

sangat membantu..
terima kasih

E-book Terlengkap said...

Coeg

Hijratuddin Habibi said...

terimakasih

IchaChaoz said...

makasih, sangat membantu.

Lahiya said...

ngebantu banget ini cara buat paper

mila said...

ok

Valencia Talitha said...

Terimakasih infonyaa :) sangat membantu!

Post a Comment